Aplikasi-Corporate-Identity

Penjelasan Lengkap Mengenai Bagian dan Aplikasi Corporate Identity

Corporate identity adalah identitas yang membedakan satu perusahaan dengan lainnya. Fungsinya untuk penanaman citra atau image yang bisa dijadikan sebagai daya tarik. Berdasarkan filosofi, identitas perusahaan ini terwujud dalam budaya perusahaan yang berbeda. Tiap identitas mencerminkan kepribadian perusahaan dan dari sinilah awal suatu branding tercipta.

Bagian-bagian corporate identity

Corporate identity memiliki tiga bagian berbeda yang digunakan di berbagai cakupan, seperti;

  1. Corporate behaviour

Bagian pertama adalah corporate behaviour yang mencakup nilai-nilai internal, norma, dan kebiasaan yang ada pada perusahaan tersebut.

  • Corporate communication

Bagian keduanya adalah corporate communication. Bagian ini meliputi beragam aspek yang menjadi media komunikasi perusahaan kepada target konsumennya. Tentunya, media yang berhubungan dengan periklanan secara langsung bisa memberikan informasi berharga tentang perusahaan terkait.

  • Corporate design

Bagian terakhir ini merupakan suatu aspek penting dalam perusahaan karena menjadi wajah utamanya. Corporate design terdiri atas logo dan penerapannya di berbagai media yang mendukung.

Logo merupakan identitas utama yang dipergunakan untuk menggambarkan karakter suatu perusahaan maupun organisasi. Sementara itu, logotype merupakan nama perusahaan maupun produk yang tampil dalam bentuk tulisan khusus untuk menggambarkan ciri khas secara komersial.

Selain untuk membangun citra perusahaan, logo juga sering digunakan untuk membangun spirit internal di antara komponen dalam perusahaan tersebut. Suatu logo yang baik mampu menciptakan sugesti yang kuat, membangun kepercayaan, dan menjaga image perusahaan bersangkutan.

Aplikasi corporate identity bagi perusahaan

Pengaplikasian merupakan tahap akhir dari suatu proses desain identitas perusahaan. Sebagai pemilik usaha, Anda harus tepat dalam memilih media yang digunakan agar mampu menciptakan sistem komunikasi visual yang efektif. Adapun beberapa contoh media yang seringkali digunakan untuk mengaplikasikan identitas perusahaan ini, di antaranya;

  • Dress code

Pengaplikasian identitas perusahaan melalui dress code merupakan salah satu cara untuk meningkatkan citra perusahaan di mata konsumen. Melalui aplikasi ini, konsumen mampu mengenali suatu perusahaan hanya dengan melihat identitas yang tertera pada dress code tersebut.

  • Media release

Aplikasi satu ini berfungsi untuk membantu perusahaan dalam memperkenalkan produknya kepada konsumen secara luas. Media yang paling efektif dan sering digunakan adalah company profile.

Umumnya, company profile dijadikan relasi publik dalam bentuk media representasi yang menggambarkan perusahaan secara utuh. Dengan kata lain, company profile merupakan gambaran umum tentang suatu perusahaan beserta produknya yang ditawarkan secara luas.

Di dalam media satu ini terdapat beragam informasi detil yang mampu mencerminkan kualitas produk atas perusahaan tersebut. Oleh sebab itu, company profile menjadi poin penting untuk suatu perusahaan yang sedang mengembangkan bisnisnya.

Tanpa disadari, hampir sebagian besar perusahaan di berbagai skala telah memiliki company profile yang mumpuni. Dengan hanya memiliki nama atau merek dagang tersendiri, perusahaan itu sudah bisa dikatakan memiliki company profile. Pasalnya, company profile disebut sebagai identitas dari suatu perusahaan.

Jadi, company profile atau yang juga dikenal dengan profil perusahaan merupakan gambaran singkat mengenai informasi dasar perusahaan yang meliputi perkembangan, pencapaian, produk, keunikan, serta keuntungan yang dimiliki.

Company profile memiliki empat bentuk berbeda, yaitu website, video, interaktif, dan juga cetak seperti brosur, pamflet, ataupun spanduk.

  • Merchandise

Pengaplikasian identitas perusahaan berbentuk merchandise merupakan suatu media promosi yang terbukti membantu meningkatkan citra perusahaan. Biasanya, merchandise selalu menampilkan ciri khas utama suatu perusahaan dengan desain menarik dan unik sehingga melekat di benak konsumen.

  • Packaging

Kemasan atau packaging berfungsi sebagai pembungkus suatu produk. Melalui kemasan, tiap produk bisa dibedakan dengan produk kompetitor yang beredar di pasaran sehingga meningkatkan daya pikat tersendiri bagi konsumen.

  • Stationery

Business stationery atau yang juga dikenal dengan alat tulis kantor adalah sekelompok perlengkapan menulis yang digunakan suatu perusahaan. Pengaplikasian corporate identity pada alat-alat ini berfungsi untuk menunjukkan identitas perusahaan secara jelas dan nyata. Adapun beberapa jenis stationery di antaranya, kop surat, amplop, map, kartu nama, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan singkat mengenai bagian dan aplikasi corporate identity bagi perusahaan. Percayalah, melalui identitas yang kuat maka perusahaan Anda pun bisa berkembang pesat. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*